Rabu, 17 Mei 2017

POROS MARITIM DUNIA

POROS MARITIM DUNIA
oleh : Abdul Kholid (1510631180002)



Poros Maritim Dunia merupakan Grand Strategy Indonesia dalam menjalankan geostrateginya. Dalam Poros Maritim Dunia penekanan lebih ditujukan  pada pembangunan aspek maritim ( maritime focused development). Hal ini disebabkan oleh kesadaran bahwa masih banyak potensi maritim indonesia yang belum digali secara optimal dikarnakan berbagai alasan.
Selain sebagai Grand Strategy Indonesia, Poros Maritim Dunia juga bisa dikatakan sebagai Visis Strategis Indonesia dalam mencapai national interest. Dalam visi strategis ini dikaji pula mengenai strategi pengamanan laut indonesia untuk jangka panjang dan visi indonesia di ranah internasional. Dengan demikian maka kekayaan alam indonesia yang begitu melihpah khususnya di bidang maritim dapat dioptimalkan dengan baik demi kepentingan nasional.

Dalam menjalankan Poros Maritim Dunia, harus ditopang oleh lima pilar utama, yaitu:
1.    Budaya Maritim
Untuk membangun budaya maritim maka perlu ditekankan dalam aspek pendidikan. Dalam hal ini pendidikan berwawasan maritim harus dapat mencetak sumber daya manusia yang terampil dalam mendukung aktivitas maritim seperti : pelayaran, pelabuhan, penanganan peti kamas, asuransi pelayaran, peramalan cuaca dan sebagainya. Perubahan sikap ini harus diprogramkan melalui pendidikan formal dan infoermal, serta tuntunan dan keteladanan dari para tokoh masyarakat yang berpengaruh.
2.    Ekonomi Maritim
Dalam menjalankan Poros Maritim Dunia maka perlu ditunjang sengan fasilitas dan infrastruktur yang baik. seperti sarana presarana pelabuhan, kapan angkutan atau penumpang, alat mavigasi pelayaran dan lain-lain yang dapat menunjang kemaritiman. Selain itu, aspek perekonomian harus dapat mulai beralih dari agraris ke perekonomian yang berbasis maritim seperti perikanan, pertambangan dan pariwisata. Hal ini dikarenakan potensi  dari ketiga aspek perekonomian ini sangat besar jika bisa dioptimalkan dengan baik dibandingkan dengan agraris.
3.    Konektivitas Maritim
Konektivitas maritim berbicara mengenai hubungan antara satu daerah dengan daerah lain. dalam menjalankannya maka perlu Seluruh pelabuhan strategis dirute-rute tersebut perlu didukung oleh sumber listrik yang memadai agar kapal-kapal dapat bersadar disejumlah pelabuhan. Diperlukan perbaikan atas sistem hub and spoke yang ada, dengam memperhatikan masukan dari pelaku ekonomi yang terlibat dalam pelayaran domestik tersebut.
4.    Diplomasi Maritim
Dalam diplomasi maritime ada 4 hal yang perlu di jadikan panduan, yaitu :
1.    Perlunya selalu mempertajam dan memprioritaskan kepentingan nasional Indonesia.
2.    Menentukan strata kepentingan.
3.    Perlunya memperjungangkan kepentingan ASEAN.
4.    Perlunya mengupayakan solusi win-win dari masalah yang ada.
5.    Keamanan Maritim
Keamanan maritime adalah hal yang menyangkut keamanan navigasi (dilaut). Keamanan ini untuk menjaga stabilitas perdagangan Internasional dari ancaman seperti konflik antarnegara. Penanggulangan kejahatan transnasional meliputi bajak laut dan terorisme maritime, perompakan, pencurian, dan pelanggaran batas wilayah.


OPINI


Poros Maritim Dunia sangatlah penting dilakukan Indonesia mengingat potensi utama Indonesia berada di aspek maritim. Indonesia dengan kekayaan alamnya dan posisinya yang sangat strategis sangat memungkinkan bila kebijakan Poros Maritim Dunia ini dijadikan sebagai Grand Strategy Indonesia. Dengan demikian maka kepentingan nasional akan dapat terlaksana dan teramankan. Namun yang harus jadi catatan penting bagi Indonesia adalah, sebelum melakukan strategi Poros Maritim Dunia ini maka perlu pula diperhatikan aspek-aspek penunjang. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada lima pilar utama penopang jalannya kebijakan Poros Maritim Dunia ini. Dengan demikian saya percaya bahwa Indonesia sebentar lagi akan menjadi negara besar yang akan sangat disegani dunia. Namun semuanya butuh proses. Dan sekarang adalah proses menuju kejayaan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Reklamasi Pantai Singapura (Singapura Antara Kawan dan Lawan bagi Indonesia)

Reklamasi Pantai Singapura (Singapura Antara Kawan dan Lawan bagi Indonesia) oleh : Abdul Kholid   1510631180002 Abstrak ...